Tuesday, November 10, 2015

Lotus Restaurant at Hotel Savero Golden Flower



Bapak Adam selaku Head Manager

Lotus Restaurant yang baru dibuka pada Mei 2015. Restoran yang bersifat buffet ini dapat dikatakan masih seumur jagung yaitu masih dalam tahap proses pengembangan dari segi kualitas makanan, service, dan juga event-event yang dibuat di restoran ini. 

Restoran ini memiliki jam operasional dari pukul 06:00 hingga pukul 23:00. Atraksi yang ditawarkan oleh restoran ini antara lain dekorasi yang bersifat klasik, kualitas makanan, stall yang variatif, serta garden view.

Bapak Adam mengatakan bahwa lokasi Lotus Restaurant yang berada di Jalan Padjajaran No. 27, Jawa Barat 16127 ini sangat strategis dikarenakan memiliki akses dekat dengan Botani Square dan Kebun Raya, dapat melihat view Kebun Raya, serta mudah untuk mencari transportasi umum seperti angkot. 

Harga yang ditawarkan oleh Lotus Restaurant ini dimulai dari harga appetizer Rp. 35.000,00++, harga mixed grilled mulai dari Rp.235.000,00++, dan harga 1 pack per orang yaitu Rp. 200.000,00. Namun rata-rata orang akan menghabiskan uangnya untuk 1 kali makan sebesar Rp.700.000,00-Rp. 800.000,00. Fasilitas yang diberikan oleh Lotus Restaurant tidak hanya tempat makan buffet saja namun ada juga meeting room dimana dapat digunakan untuk keperluan meeting suatu perusahaan, dan lain sebagainya. Target market restoran ini adalah kelas menengah dan menengah atas (SES B dan SES A). 

Cara Lotus Restaurant mempromosikan restoran buffet ini yaitu dengan berbagai cara, antara lain dengan meningkatkan quality of service dimana pelayanan yang diberikan itu cepat; menggunakan unique promotion blast yang menggunakan berbagai sosial media seperti instagram, facebook, dan path; media blast menggunakan media channel radio (Radar Bogor, dan Lasmana Radio); majalah; serta memiliki action plan yang meliputi target, segmentasi konsumen yang menengah, repeat (balik lagi ke restoran ini), dan loyal. Kompetitor utama restoran ini yaitu Hotel Santika, Botani Square, dan Hotel Royal Padjajaran, dimana bersaing secara head to head.

Kapasitas tempat dapat menampung 250 orang. Setiap harinya, Lotus Restaurant dapat melayani 211 orang untuk breakfast, 243 orang untuk lunch, dan 253 orang untuk dinner. Lotus Restaurant setiap harinya memiliki jam yang ramai antara lain pada saat breakfast (pukul 06:00-pukul 10:00), lunch (pukul 09:00-pukul 15:00), serta dinner (pukul 18:00-pukul 21:00).

Ekspektasi dari Bapak Adam antara lain ingin restorannya tetap ramai dikunjungi oleh konsumen, marketing plan diperbanyak dengan event plan, detail target, mengoptimalkan quality of food and service. 

Feedback dari konsumen antara lain perlunya menambahkan bumbu pada makanannya agar lebih gurih lagi, memperbanyak variasi makanan, adanya perbedaan peletakan makanan antara traditional food dan modern food, serta menambahkan jumlah salad dan buah dikarenakan orang tua lebih suka makanan yang sehat.







No comments:

Post a Comment