Bapak Adam selaku Head Manager |
Lotus Restaurant yang baru dibuka pada Mei 2015. Restoran yang bersifat buffet ini dapat dikatakan masih seumur jagung yaitu masih dalam tahap proses pengembangan dari segi kualitas makanan, service, dan juga event-event yang dibuat di restoran ini.
Restoran
ini memiliki jam operasional dari pukul 06:00 hingga pukul 23:00.
Atraksi yang ditawarkan oleh restoran ini antara lain dekorasi yang
bersifat klasik, kualitas makanan, stall yang variatif, serta garden view.
Bapak
Adam mengatakan bahwa lokasi Lotus Restaurant yang berada di Jalan
Padjajaran No. 27, Jawa Barat 16127 ini sangat strategis dikarenakan
memiliki akses dekat dengan Botani Square dan Kebun Raya, dapat melihat
view Kebun Raya, serta mudah untuk mencari transportasi umum seperti
angkot.
Harga yang ditawarkan oleh Lotus Restaurant ini dimulai dari harga appetizer Rp. 35.000,00++, harga mixed grilled mulai dari Rp.235.000,00++, dan harga 1 pack per
orang yaitu Rp. 200.000,00. Namun rata-rata orang akan menghabiskan
uangnya untuk 1 kali makan sebesar Rp.700.000,00-Rp. 800.000,00.
Fasilitas yang diberikan oleh Lotus Restaurant tidak hanya tempat makan buffet saja namun ada juga meeting room dimana dapat digunakan untuk keperluan meeting suatu perusahaan, dan lain sebagainya. Target market restoran ini adalah kelas menengah dan menengah atas (SES B dan SES A).
Cara Lotus Restaurant mempromosikan restoran buffet ini yaitu dengan berbagai cara, antara lain dengan meningkatkan quality of service dimana pelayanan yang diberikan itu cepat; menggunakan unique promotion blast yang menggunakan berbagai sosial media seperti instagram, facebook, dan path; media blast menggunakan media channel radio (Radar Bogor, dan Lasmana Radio); majalah; serta memiliki action plan yang meliputi target, segmentasi konsumen yang menengah, repeat (balik lagi ke restoran ini), dan loyal. Kompetitor utama restoran ini yaitu Hotel Santika, Botani Square, dan Hotel Royal Padjajaran, dimana bersaing secara head to head.
Kapasitas
tempat dapat menampung 250 orang. Setiap harinya, Lotus Restaurant
dapat melayani 211 orang untuk breakfast, 243 orang untuk lunch, dan 253
orang untuk dinner. Lotus Restaurant setiap harinya memiliki jam yang
ramai antara lain pada saat breakfast (pukul 06:00-pukul 10:00), lunch
(pukul 09:00-pukul 15:00), serta dinner (pukul 18:00-pukul 21:00).
Ekspektasi dari Bapak Adam antara lain ingin restorannya tetap ramai dikunjungi oleh konsumen, marketing plan diperbanyak dengan event plan, detail target, mengoptimalkan quality of food and service.
Feedback dari
konsumen antara lain perlunya menambahkan bumbu pada makanannya agar
lebih gurih lagi, memperbanyak variasi makanan, adanya perbedaan
peletakan makanan antara traditional food dan modern food, serta
menambahkan jumlah salad dan buah dikarenakan orang tua lebih suka
makanan yang sehat.
No comments:
Post a Comment